Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (STUDI KASUS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DIBEI PERIODE 2012-2016)

RIZKI NOVITAYENI (2018) ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (STUDI KASUS BANK UMUM YANG TERDAFTAR DIBEI PERIODE 2012-2016). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank memiliki fungsi utama sebagai financial intermediary. Maka dari itu Bank dituntut untuk menjaga kinerjanya agar dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Untuk memperoleh kepercayaan secara optimal bank dituntut untuk memelihara kesehatannya. Seiring berjalannya waktu, metode dalam penilaian tingkat kesehatan bank terus berkembang. Pada tahun 2011 hingga sekarang bank dinilai dengan metode RBBR atau yang sering dikenal dengan RGEC yaitu (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital). Indikator variabel dalam penelitian ini ialah NPL, LDR, GCG, ROA, ROE, NIM, BOPO, dan CAR, Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian tingkat kesehatan Bank Umum yang terdaftar di BEI periode 2012-2016 ditinjau dari aspek Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital, dan RGEC. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan cara Purposive Sampling. Sampel yang diproleh dari Purposive Sampling adalah sebanyak 25 (Jumlah Sampel) Bank Umum dari 43 (Jumlah Populasi) bank umum yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif. sumber data yang diperlukan adalah data sekunder dengan mengumpulkan data laporan keuangan tahunan dan laporan Good Corporate Governance pada periode 2012-2016. Hasil penelitian pada bank umum yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan metode RGEC periode 2012-2016, menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesehatan bank umum menduduki peringkat 2 dengan predikat SEHAT. Hal tersebut ditunjukkan pada faktor profil risiko bank umum atas risiko kredit (NPL) dengan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 2,26% (peringkat 2) dan risiko likuiditas (LDR) dengan nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 85% (peringkat 3). Faktor gcg yang diperoleh dari hasil self assesment yaitu diperoleh rata-rata peringkat GCG berada pada peringkat 2. Faktor earning pada bank umum yang dianalisis dengan menggunakan ROA yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,11% (peringkat 2), ROE yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 14,84% (peringkat 3), NIM yang memperoleh nilai ratarata sebesar 5,75% (peringkat 1), dan BOPO yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,26% (peringkat 1). Faktor capital (CAR) yang memperoleh nilai ratarata sebesar 17,89% (peringkat 1). Kata Kunci:Kesehatan Bank,RGEC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 332.1 ??
Divisions: ?? ek_mn ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:59
Last Modified: 02 Jul 2019 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item