Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN NINIK MAMAK SEBAGAI HAKAM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA RUMAH TANGGA DI DESA KEPENUHAN TIMUR, KEC. KEPENUHAN, KAB. ROKAN HULU DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM

MUHAMMAD ARIFIN YUSUF (2018) PERAN NINIK MAMAK SEBAGAI HAKAM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA RUMAH TANGGA DI DESA KEPENUHAN TIMUR, KEC. KEPENUHAN, KAB. ROKAN HULU DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran Ninik Mamak di Desa Kepenuhan Timur dalam penyelesaian sengketa rumah tangga anak kemenakan yang bersengketa sangat dominan, dimana Ninik Mamak berperan aktif dalam pelaksanaanya. Ninik Mamak disini bertindak sebagai hakam atau juru damai (mediator) dalam penyelesaian perselisihan atau persengketaan tersebut. Alasan Ninik Mamak sebagai hakam ialah, kerena Ninik Mamak dianggap bagian dari keluarga, dalam filosofinya keluarga lebih mengetahui seluk-beluk permasalahan yang terjadi dalam keluarga anak kemanakan yang bersengketa dan Ninik Mamak juga dianggap orang yang paling menginginkan tercapainya perdamaian antara suami istri yang bersengketa tersebut. Latar belakang penulis melakukan penelitaian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Ninik Mamak sebagai hakam dalam penyelesaian sengketa rumah tangga di Desa Kepenuhan Timur dan bagaimana tinjaun hukum Islam terhadap peran ninik mamak sebagai hakam dalam penyelesaian sengketa rumah tangga di Desa Kepenuhan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui peran peran Ninik Mamak sebagai hakam dalam penyelesaian sengketa rumah tangga di Desa Kepenuhan Timur dan untuk mengetahui tinjaun hukum Islam terhadap peran ninik mamak sebagai hakam dalam penyelesaian sengketa rumah tangga di Desa Kepenuhan Timur. Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field research), yang berlokasi di Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu. Sumber data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi, kemudian di kumpulkan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Ninik Mamak hanya sebatas penengah (juru damai) pada kedua belah pihak (suami istri) yang bersengketa tersebut, tidak ada hak baginya untuk menceraikan apabila tidak tercapainya jalan perdamaian, keputusan tersebut tetap pada Pengadilan Agama dan Ninik Mamak sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ajaran hukum Islam, yakni menghendaki ishlah (perdamaian), ia sudah berusaha dan berupaya semaksimal mugkin untuk tetap mempertahankan keutuhan rumah tangga anak kemenakan sehingga tidak terjadinya perceraian dalam keluarga tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.577 ??
Divisions: ?? sch_art ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:37
Last Modified: 02 Jul 2019 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item