Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN DANA SERTIFIKASI GURU DENGAN MEMBUAT USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI GURU DESA SUNGAI ALAM KECAMATAN BENGKALIS KABUPATEN BENGKALIS DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

IEMAS SYUKRIYAH (2018) PEMANFAATAN DANA SERTIFIKASI GURU DENGAN MEMBUAT USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI GURU DESA SUNGAI ALAM KECAMATAN BENGKALIS KABUPATEN BENGKALIS DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang memanfaatkan dana sertifikasi dengan menjalankan usaha sampingan. Usaha sampingan ini mulai berdiri terhitung sejak tahun 2010 terus mengalami perkembangan hingga saat ini ada 15 orang guru yang ikut menjalankan usaha. Kendatipun demikian banyak nya pesaing yang ada, kurangnya pengalaman yang ada terhadap usaha, dan kurangnya pengetahuan serta keterampilan merupakan masalah yang serius yang dihadapi oleh guru SD Negri dalam memanfaatkan dana sertifikasi sebagai modal untuk menjalankan usaha. Dari latar belakang masalah tersebut maka dirumuskan permasalahan yaitu: 1.bagaimana pemanfaatan dana sertifikasi oleh guru dengan membuat usaha untuk meningkatkan pendapatan ekonomi, 2.apa saja faktor penyebab terjadinya kegagalan guru dalam menjalankan usaha dengan menfaatkan dana sertifikasi, 3.bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap pemanfaatan dana sertifikasi guru dengan membuat usaha untuk meningkatkan pendapatan ekonomi guru SD Negri Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian dilakukan di Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sertifikasi SD Negri Desa Sungai Alam Bengkalis ini memanfaatkan dana sertifikasi dengan menjalankan usaha diluar jam sekolah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah guru yang membuka usaha yang semakin bertambah setiap tahunnya hingga mencapai 15 orang guru yang awalnya dimulai pada tahun 2010. Usaha yang dijalankan guru ini selain mengisi waktu kosong juga dapat menambah penghasilan ekonomi guru itu sendiri. Pemanfaatan dana sertifikasi guru dengan membuat usaha untuk meningkatkan pendapatan ekonomi SD Negri Desa Sungai Alam ini sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari konsep usaha yang dilakukan tergolong usaha yang halal dan tidak bertentangan dengan syariat Islam, usaha ini juga tidak mendatagkan kemudharatan bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:22
Last Modified: 02 Jul 2019 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item