Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

DESI FERONICA (2018) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru menjelaskan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan keterampilan guru menjelaskan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Objek penelitian ini adalah keterampilan guru menjelaskan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan aktivitas belajar siswa. Sedangkan subjeknya adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 220 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 25% dari keseluruhan populasi, jadi keseluruhan sampel yang diambil adalah berjumlah 55 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for the social Sciences) versi 17.0 for Windows. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,521 dan kualitas pengaruhnya adalah sedang atau cukup. Nilai ini lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 <0,521>0,354. Oleh karena itu Ho ditolak, Ha diterima. Maka ditarik kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan keterampilan guru menjelaskan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar”. Kata kunci : Keterampilan Menjelaskan Materi, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? inspddk ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:18
Last Modified: 02 Jul 2019 01:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item