Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR SAMSAT PEKANBARU SELATAN (STUDI KASUS PADA UPT BADAN PENDAPATAN DAERAH PEKANBARU SELATAN)

AHMAD KAUTSAR (2018) ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA KANTOR SAMSAT PEKANBARU SELATAN (STUDI KASUS PADA UPT BADAN PENDAPATAN DAERAH PEKANBARU SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelayanan adalah suatu kegiatan untuk membantu maupun melayani masyarakat dalam memahami kebutuhan disegala bidang. Penelitian Prosedur Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bemotor dilakukan pada kantor UPT Pendapatan Pekanbaru Selatan pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu pajak yang memberikan kontribusi besar dalam membangun suatu daerah. Pelaksanaan pembayaran pajak dilaksanakan oleh tiga instansi terkait yaitu Dinas Pendapatan, Kepolisian, dan PT. Jasa Raharja. Dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di kantor UPT pendapatan Pekanbaru Selatan dan waktu mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan pelayanan dikantor UPT Pendapatan Pekanbaru Selatan. Dalam penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu teknik anket, wawancara, dan observasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden dan 4 responden sebagai key informance. Adapun metode analisa data penulis mengunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisa kata, kalimat, gambar dengan memberikan keterangan berdasarkan teori yang digunakan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dikantor UPT Pendapatan Pekanbaru Selatan secara umum dapat dikatakan baik, berdasarkan hasil rekaptulasi pengukuran masingmasing indikator. Dimana ada 8 indikator yang dinyatakan baik yaitu kesederhanaan, kejelasan, akurasi, tanggung jawab,kelengkapan saran dan prasarana,kedisiplinan,kesopanan,dan keramahan serta kenyamanan. Sehingga dapat disimpulkan berada pada level “Baik” dengan kisaran 75,3% dan terdapat satu indikator yang kurang baik yaitu keamanan. Kata kunci : Pelayanan, Pembayaran, Pajak Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 351 ??
Divisions: ?? ek_an ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 06:54
Last Modified: 01 Jul 2019 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item