YUYUN OLIVIANI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181076PMT.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181076PMT.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181076PMT.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181076PMT.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181076PMT.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181076PMT.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181076PMT.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181076PMT.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181076PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181076PMT.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181076PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan siswa yang belajar menggunakan jika ditinjau dari Kemampuan awal pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Two Group Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Tanah Putih. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan kemampuan awal dan interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP, 3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 05:11 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 05:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14494 |
Actions (login required)
View Item |