DENNIS WELDY EDASA (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TEST DIAGNOSTIC THREE-TIER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181032PK.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181032PK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181032PK.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181032PK.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181032PK.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181032PK.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181032PK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181032PK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181032PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181032PK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181032PK.pdf Download (392kB) | Preview |
Abstract
Miskonsepsi merupakan pemahaman siswa terhadap suatu konsep yang berbeda dengan definisi masyarakat ilmiah. Materi larutan penyangga merupakan salah satu materi kimia SMA yang sering mengalami kesalahan konsep pada konsep dasar dari larutan penyangga, komponen larutan penyangga, serta perhitungan larutan penyangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga yang teridentifikasi dengan menggunakan Test Diagnostic Three-Tier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Three-Tier, dokumentasi, dan observasi bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi larutan penyangga. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep, yaitu konsep awal, pengelompokan komponen, perhitungan pH, dan peran larutan penyangga. Sebanyak 25% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep awal larutan penyangga, 22% siswa miskonsepsi pada konsep pengelompokan komponen larutan penyangga, 29% siswa miskonsepsi pada konsep perhitungan pH larutan penyangga, dan sebanyak 48% siswa miskonsepsi pada konsep peran larutan penyangga. Kata Kunci: Miskonsepsi, Test Diagnostic Three-Tier, Larutan Penyangga
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 02:08 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 02:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14249 |
Actions (login required)
View Item |