Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada RS. Jiwa Tampan Provinsi Riau)

NANDA EKA PUTRI (2018) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada RS. Jiwa Tampan Provinsi Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja RS. Jiwa Tampan Provinsi Riau dengan menggunakan metode balanced scorecard ditinjau dari empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian non hipotesis, sehingga dalam penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesa. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari perspektif keuangan, rumah sakit mampu melakukan penghematan dalam penggunaan anggaran dan mampu mencapai target pendapatan yang telah dianggarkan. Perspektif pelanggan terlihat dari akuisisi,retensi pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan pada rumah sakit yang meningkat setiap tahunnya menunjukkan keberhasilan rumah sakit memberikan pelayanan terbaiknya. Perspektif bisnis internal rumah sakit memiliki inovasi pelayanan yang bertambah setiap tahunnya dan proses operasi yang berada pada standar ideal. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dilihat dari rumah sakit mampu meminimalisir tingkat keluar masuknya karyawan sehingga dapat dilihat bahwa SDM yang dimiliki oleh rumah sakit mempunyai loyalitas terhadap rumah sakit, meskipun pada pelatihan karyawan rumah sakit mengalami penurunan pada tahun berikutnya. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa rumah sakit dapat dikatakan mampu menggunakan metode balanced scorecard sebagai alat ukur alternatif dan juga sebagai alat pembanding untuk mengukur dan menilai kinerjanya. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Sektor Publik, dan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2019 08:39
Last Modified: 21 Jun 2019 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item