TETI ANRIANI (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018991PIPS-E.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018991PIPS-E.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018991PIPS-E.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018991PIPS-E.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018991PIPS-E.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018991PIPS-E.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018991PIPS-E.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018991PIPS-E.pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018991PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018991PIPS-E.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018991PIPS-E.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi lingkungan sekolah sudah bagus, baik itu lingkungan fisik dan sosial, sedangkan proses pembelajaran efektif masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru dengan jumlah sampel 92 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,757 > 0,205) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Berdasarkan penentuan tingkat hubungan yang dilakukan dengan interpretasi nilai r product moment terdapat hubungan yang kuat antara lingkungan sekolah dengan pembelajaran efektif dengan nilai person correlation yang dihasilkan sebesar 0,757 yang berada pada rentang 0,60-0,799 yang dikategorikan terdapat korelasi yang kuat. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah dan Pembelajaran Efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:08 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14164 |
Actions (login required)
View Item |