LIYEN NAZRITA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS MODEL PROBLEM POSING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018986PMT.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018986PMT.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018986PMT.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018986PMT.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018986PMT.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018986PMT.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018986PMT.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018986PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018986PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018986PMT.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018986PMT.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa, serta siswa masih menganggap bahwa matematika itu sulit, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Segiempat. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Kampar di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Negeri 3 Kampar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS berbasis Model Problem Posing. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai ebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas VII B dan siswa kelas VII A. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Problem Posing ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Model Problem Posing, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 06:39 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 06:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14159 |
Actions (login required)
View Item |