LIZA ANNISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018952PGMI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018952PGMI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018952PGMI.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018952PGMI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018952PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018952PGMI.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018952PGMI.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018952PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018952PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018952PGMI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018952PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita melalui penerapan Concept Sentence di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 66,66%, dengan ketuntasan klasikal 47% tergolong “kurang”, setelah dilakukan tindakan, pada siklus I hasil belajar meningkat dengan rata-rata 73,33% dengan ketuntasan klasikal 63,33% tergolong “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 81,33% dengan ketuntasan klasikal adalah 83,33% tergolong “sempurna”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Kata Kunci: Model Pembelajaran Concept Sentence, Hasil Belajar, Tema Lingkungan Sahabat Kita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14097 |
Actions (login required)
View Item |