MELISA (2018) PENERAPAN MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018935PGMI.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018935PGMI.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018935PGMI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018935PGMI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018935PGMI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018935PGMI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018935PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018935PGMI.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018935PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018935PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018935PGMI.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Media Realia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Media Realia dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Media Realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 69,06 dengan ketuntasan klasikal 43,75% dengan kategori “kurang baik”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 81,25 dengan ketuntasan klasikal 68,75% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal 93,75% dengan kategori “baik”. Dengan demikian penerapan Media Realia sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci : Media, Realia, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:26 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |