Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5-E UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPA

HERVIANA SUSANTI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5-E UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis model Learning Cycle 5-E yang valid dan praktis serta melihat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis model Learning Cycle 5-E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol, dan objek penelitian adalah adalah Lembar Kerja Siswa berbasis model Learning Cycle 5-E. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (86%) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada kemampuan penalaran matematis antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis model Learning Cycle 5-E dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis model Learning Cycle 5-E ini telah valid, praktis, dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Model Learning Cycle 5-E, Kemampuan Penalaran Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? inspddk ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:22
Last Modified: 19 Jun 2019 05:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item