FENI DIA SAFITRI (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018886PMT.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018886PMT.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018886PMT.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018886PMT.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018886PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018886PMT.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018886PMT.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018886PMT.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018886PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018886PMT.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018886PMT.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan representasi untuk memahami konsep, menyelesaikan dan memecahkan masalah matematika yang terintegrasi dengan kehidupan nyata maupun yang berkaitan dengan disiplin ilmu lain. Namun, kenyataannya masih terdapat siswa SMP di Kabupaten Pelalawan yang belum optimal memiliki kemampuan representasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan modul mengikuti model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bandar Petalangan tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 1 Bandar Petalangan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen serta kelas VII B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah modul berbasis pendekatan RME. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (84,8 ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan sangat praktis ( ) untuk kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian uji efektivitas diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan berbasis RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh dan kelas kontrol memperoleh. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan RME telah valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Modul, Pendekatan RME, Kemampuan Representasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 09:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 09:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13913 |
Actions (login required)
View Item |