Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Neli Marni (2011) PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011882.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur Kabupaten Kampar melalui penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase motivasi siswa sebelum tindakan adalah 24,32%, siklus I 35,13%, siklus II 70,27%, dan siklus III 81,08%, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Metode PQ4R, Motivasi, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 08:14
Last Modified: 18 Jan 2016 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item