WIDYA ASTUTI (2018) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH AL-ISLAM RUMBIO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018848PIPS-E.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018848PIPS-E.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018848PIPS-E.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018848PIPS-E.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018848PIPS-E.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018848PIPS-E.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018848PIPS-E.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018848PIPS-E.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018848PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018848PIPS-E.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018848PIPS-E.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terfokus pada Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran efektif. Apabila peran guru ini tidak dilaksanakan dengan baik oleh guru maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik sehingga pembelajaran tidak akan tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio, sedangkan objek pada penelitian ini adalah Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, namun secara keseluruhan tetap diolah menggunakan analisa data yang dikenal dengan istilah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio dikategorikan “baik” dengan persentase sebesar 73,33% yang berada pada rentang 61%-80%. Kata Kunci: Peran Guru, Fasilitator, Pembelajaran Efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 03:40 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13839 |
Actions (login required)
View Item |