Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGAWASAN PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3)DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI ( Studi kasus Kecamatan Singingi Hilir)

ANGGI AYU KARTIKA (2018) PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGAWASAN PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3)DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI ( Studi kasus Kecamatan Singingi Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dinas lingkungan hidup Kabupaten Kuantan Singingi dalam pengawasan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B ) di Kecamatan Singingi Hilir dan untuk mengetahui kendala-kendala Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Kuantan Singingi dalam pengawasan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B ) di Kecamatan Singingi Hilir. Pada penelitian ini indikator yang digunakan berdasarkan Peraturan Buapati No 31 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan kegiatan pengawasan lingkungan hidup, Melaksanakan pengawasan terhadap penerimaan izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Melaksanakan penegakan hukum atas pelanggaran perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sejalan dengan tujuan penelitian ini maka, informan dari penelitian ini adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi, Perusahaan-perusahaan di Kecamatan Singingi Hilir, dan Masyarakat. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan dan sekunder, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa peran pemerintah dalam pengawasan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dilakukan selama ini sudah berjalan namun belum menunjukkan hasil yang optimal. Kemuadian kendala-kendala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi dalam pengawasan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah keterbatasan jumlah anggaran, keterbatasan dumber daya alam yang ada pada internal instansi, dan kurangnya fasilitas pendukung atau sarana prasarana seperti kendaraan operasional dalam rangka kegiatan pengawasan. Kata Kunci : Pengawasan, Pencemaran, Lingkungan Hidup, dan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 351 ??
Divisions: ?? ek_an ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2019 06:25
Last Modified: 13 Jun 2019 06:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item