Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING(Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2016)

ROSITA FITRIYANA (2018) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING(Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 - 2016). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh konservatisme akuntansi dan komisaris independen terhadap manajemen laba dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2016. Purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel dalam penelitian ini sehingga diperoleh 11 perusahaan sampel perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2016. Penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dilakukan secara parsial (nilai t), dan determinasi (R 2 ) dengan alat uji SPSS versi 21 for windows. Dari hasil penelitian yang dilakukan secara parsial variabel konservatisme akuntansi berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan variabel komisaris independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kemudian konservatisme akuntansi terhadap manajemen laba dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating dapat memoderasi variabel independen dengan variabel dependen, sedangkan komisaris independen terhadap manajemen laba dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating tidak dapat memoderasi variabel independen dengan variabel dependen. Dari hasil koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa variabel independen memberikan pengaruh sebesar 19,9% Kata Kunci : Konservatisme Akuntansi, Komisaris Independen, Manajemen Laba, Kepemilikan Manajerial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2019 04:32
Last Modified: 13 Jun 2019 04:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item