Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING MENGGUNAKAN INSTRUMEN DERIVATIF PADA PERUSAHAAN BUMN DI BEI

AL PUTRI OKTAVIA (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING MENGGUNAKAN INSTRUMEN DERIVATIF PADA PERUSAHAAN BUMN DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hedging menggunakan instrumen derivatif merupakan suatu cara untuk perusahaan meminimalisir resikonya. Perusahaan dapat melindungi perusahaannya dari kerugian akibat risiko keuangan, risiko pasar, risiko operasional, strategis, dan eksternalitas dengan menganalisis variabel-variabel yang rentan atau paling mempengaruhi perusahaan untuk melakukan hedging menggunakan instrumen derivatif. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaannya, karena perusahaan mampu memitigasi risiko-risiko yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Cash Ratio (CR), Current Ratio (CUR), Leverage (LEV), Growth Opportunity (GO), Financial Distress (FD), Firm Size (SZE), dan Profitabilitas (Profit) terhadap pengambilan keputusan hedging menggunakan instrumen derivatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dari 14 perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI periode 2012 sampai 2016. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi melakukan hedging menggunakan instrumen derivatif. Hasil pengujian menggunakan metode regresi logistik, menunjukkan hasil bahwa dari ketujuh variabel yang digunakan dalam penelitian ini, menemukan bahwa Cash Ratio (CR), Current Ratio (CUR), Growth Opportunity (GO), dan Financial Distress berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan hedging menggunakan instrumen derivatif. Sedangkan, untuk variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan hedging menggunakan instrumen derivative. Ketepatan data prediksi pengambilan keputusan hedging menggunakan instrumen derivatif pada perusahaan BUMN sebesar 95,7%. Kata kunci : Hedging, Instrumen Derivatif, Regresi Logistik, Cash Ratio (CR), Current Ratio (CUR), Leverage (LEV), Growth Opportunity (GO), Financial Distress (FD), Firm Size (SZE), dan Profitabilitas (Profit).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:17
Last Modified: 13 Jun 2019 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item