Nani Susana (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA PELAJARAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011692.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri pada mata pelajaran kimia Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar kimia siswa dengan menggunakan strategi inkuiri di kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar Tahun Pelajaran 2010/2011. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Deskripsi prosedur penelitian tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan adalah ditunjukkan dengan terpenuhinya indikator-indikator motivasi yang telah ditetapkan. Pada siklus I ketercapaian indikator hanya 16,67 % sedangkan pada siklus II Ketercapaian sudah 100% dari indikator-indikator yang penulis tetapkan dan berdasarkan target yang penulis tetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 07:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1374 |
Actions (login required)
View Item |