Nurul Adha (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN FLOW PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU DALAM MENGHAFAL JUZ 30. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018124PSI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018124PSI.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018124PSI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018124PSI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018124PSI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018124PSI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018124PSI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018124PSI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018124PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018124PSI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018124PSI.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan serangkaian kegiatan yang membutuhkan proses panjang dan memiliki target yang harus dicapai, tidak mungkin target dapat tercapai jika seseorang tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Melibatkan self efficacy dalam menghafalkan memudahkan dalam proses menghafal. Self efficacy mengacu kepada keyakinan mahasiswa akan kemampuannya dapat menyelesaikan hafalan Juz 30. Ketika melibatkan self efficacy, maka akan mudah memasuki kondisi flow. Flow menghafal Juz 30 adalah kondisi individu yang mampu menikmati aktivitas menghafal Juz 30 yang sedang dijalani. Pengalaman flow dapat dilihat dari tiga aspek, meliputi work enjoyment yang terdiri dari komponen emosional, absorption yang terdiri dari komponen kognitif, dan intristic work motivation yang terdiri dari komponen motivasi (Bakker, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan flow dalam menghafal Juz 30 pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan subjek penelitian sebanyak 291 mahasiswa Psikologi dari semester I-XIV. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala self efficacy (Bandura, 1997) dan flow (Bakker, 2017). Koefisien korelasi (r) = 0,939 dan probabilitas (p) = 0,000. Artinya penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy memiliki hubungan yang signifikan dengan flow. Artinya semakin tinggi self efficacy, maka semakin mudah masuk dalam kondisi flow. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa self efficacy dan flow dapat membantu mahasiswa Psikologi dalam menghafal Juz 30. Kata Kunci : self efficacy, flow, juz 30
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 01:28 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 01:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13733 |
Actions (login required)
View Item |