Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MADRASAH ALIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

Nurmayulis (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MADRASAH ALIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011589.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XA1 (eksperimen) dan kelas XA2 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test.Hasilpengolahan data akhir diperoleh nilai t hitung= 2,863 dan t tabel = 1,67 dan menunjukkan t hitung > t tabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar, dengan peningkatan sebesar 15,12 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Quantum Teaching, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:36
Last Modified: 18 Jan 2016 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item