Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA N 6 PEKANBARU

Setiawati (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA N 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011515.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran teknik berkirim salam dan soal dapat mencapai ketuntasan belajar kimia pada materi ikatan kimia di kelas X SMA Negeri 6 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ketuntasan belajar siswa (secara klasikal) sebelum tindakan adalah 42,5 %, siklus I 47,5 %, siklus II 72,5 %, siklus III 87,5%, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran koopertif teknik berkirim salam dan soal dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Teknik berkirim salam dan soal, Ketuntasan belajar, Ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:26
Last Modified: 18 Jan 2016 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item