Afra Sausan Habib (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201877PSI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201877PSI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201877PSI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201877PSI.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201877PSI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201877PSI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201877PSI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201877PSI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201877PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201877PSI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201877PSI.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari oleh siswa mulai dari jenjang SMP hingga SMA. Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari perkembangan masyarakat dan bangsa pada masalalu yang berkelanjutan dalam masa kini dan masa depan. pendidikan sejarah dirancang agar siswa dapat mengembangkan keterampilan dan cara berfikir sejarah, nilai-nilai kebangsaan serta inspirasi berdasarkan peristiwa-peristiwa sejarah,baik sejarah lokal maupun nasional. Namun tidak semua siswa yang menyukai pelajaran sejarah. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa dalam belajar sejarah diantaranya cara mengajar guru yang hanya menggunakan metode ceramah, metode hafalan dan berfokus pada buku. Untuk itu perlu menciptakan cara belajar baru yang bisa membuat siswa tertarik dan memiliki minat dalam belajar sejarah, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar sejarah siswa. Sebanyak 60 siswa SMA Negeri 2 Bangkinang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelompok kontrol. Desain pada penelitian ini adalah nonrandomized pretest-postest control group design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar sejarah dengan nilai (t) sebesar 3,662 dan p=0,001 (p≤0,01), sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar sejarah siswa SMA Negeri 2 Bangkinang. Kata Kunci: Minat Belajar, Media Pembelajaran Audio Visual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 29 May 2019 08:02 |
Last Modified: | 29 May 2019 08:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13575 |
Actions (login required)
View Item |