PURNAMA WATI (2018) PENGGUNAAN METODE QAWAID DAN TERJEMAH DENGAN MEDIA PAPAN KANTONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERJEMAH TEKS ARAB PADA BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN JABAL NUR KANDIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018790PBA.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018790PBA.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018790PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018790PBA.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018790PBA.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018790PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018790PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018790PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018790PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018790PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018790PBA.pdf Download (577kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Papan Kantong untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemah teks Arab pada buku pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis, dengan melihat ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam menerjemah teks arab baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Papan Kantong efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemah teks Arab pada buku pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis tahun ajaran 2018/2019, dengan sampel siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren dan objek penelitian adalah penggunaan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Papan Kantong untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemah teks Arab pada buku pelajaran bahasa Arab. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Papan Kantong efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemah teks Arab pada buku pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Karena nilai To = , lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,660 dan taraf signifikansi 5% = 2,000, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan Metode Qawaid dan Terjemah dengan Media Papan Kantong efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemah teks Arab pada buku pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis. Kata Kunci: Metode Qawaid dan Terjemah, Media Papan Kantong, Kemampuan Menerjemah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 07:33 |
Last Modified: | 29 May 2019 07:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13560 |
Actions (login required)
View Item |