Anik Susiawati (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT SERTA REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DI KELAS X MA AL-FALAH KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011416.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit serta reaksi oksidasi-reduksi di kelas X MA AL-FALAH Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 53,52, siklus I 63,52, siklus II 71,76, dan siklus III 78,23, serta ketuntasan belajar siswa (secara klasikal) sebelum tindakan adalah 35,29%, siklus I 52,94%, siklus II 70,58%, siklus III 82,35%, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatakan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 06:55 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 06:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1351 |
Actions (login required)
View Item |