DESLINA FITRI (2018) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 PULAU JAMBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018778PGMI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018778PGMI.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018778PGMI.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018778PGMI.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018778PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018778PGMI.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018778PGMI.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018778PGMI.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018778PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018778PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018778PGMI.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media kartu kata kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menyimak pelajaran yang disampaikan guru dan hanya beberapa orang siswa yang aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi matematika daun dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripstif dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 55,74% atau berada pada kategori “Kurang”. Kemudian setelah menerapkan media kartu kata pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya mencapai 65,37% dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi meningkat menjadi 81,10% dengan kategori “Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 03:44 |
Last Modified: | 29 May 2019 03:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13507 |
Actions (login required)
View Item |