NURUL HIDAYU (2018) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN O DAN X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018764PGMI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018764PGMI.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018764PGMI.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018764PGMI.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018764PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018764PGMI.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018764PGMI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018764PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018764PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018764PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018764PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi permainan O dan X di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan O dan X dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa strategi permainan O dan X dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 62,50% dengan ketuntasan klasikal 43,75% atau tergolong “Kurang”. Kemudian setelah menerapkan Strategi Permainan O dan X pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 70,78% dengan ketuntasan klasikal 65,63% atau tergolong “Cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata 80,46% dengan ketuntasan klasikal 84,38% atau tergolong “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Permainan O dan X, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Permainan O dan X, Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 02:31 |
Last Modified: | 29 May 2019 02:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13483 |
Actions (login required)
View Item |