SRI EVI RIZKIANA HARAHAP (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018751PGMI.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018751PGMI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018751PGMI.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018751PGMI.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018751PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018751PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018751PGMI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018751PGMI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018751PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018751PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018751PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 32 orang kelas III A Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebelum dilakukan tindakan hanya 43,75% atau berada pada kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I meningkat yaitu 68,75% dengan kategori “Cukup”. Pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 87,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tebak Kata, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:44 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13454 |
Actions (login required)
View Item |