DIANA HILDAYANTI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN PERANG DINDING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 PINANG SEBATANG TIMUR KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018688PGMI.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018688PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018688PGMI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018688PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018688PGMI.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018688PGMI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018688PGMI.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018688PGMI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018688PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018688PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018688PGMI.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak melalui penerapan strategi permainan perang dinding. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan perang dinding dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan startegi permainan perang dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 42,10%. Setelah diterapkan strategi permainan perang dinding hasil belajar siswa meningkat pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 68,42% dan pada siklus II hasil belajar siswa menjadi 94,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan perang dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata kunci: Strategi, Permainan Perang Dinding, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:13 |
Last Modified: | 24 May 2019 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13364 |
Actions (login required)
View Item |