Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

ROMARIO (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keaktifan shalat berjamaah sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara keaktifan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah keaktifan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 106 orang. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 71% yang berjumlah 75 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0,458pada taraf signifikan 5% = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,283. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,217<0,458>0,283. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Keaktifan, Shalat Berjamaah, Kedisiplinan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? inspddk ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:25
Last Modified: 23 May 2019 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item