ANNISA SHANDA (2018) PEMBUATAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018643PGMI.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018643PGMI.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018643PGMI.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018643PGMI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018643PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018643PGMI.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018643PGMI.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018643PGMI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018643PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018643PGMI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018643PGMI.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada mata pelajaran Matematika melalui pembuatan media Tangram siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pembuatan media Tangram dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar diperoleh dengan rata-rata 51,25% atau berada pada kategori “Kurang Baik“. Kemudian setelah menerapkan pembuatan media Tangram pada Siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 69,35% dengan kategori “Cukup Baik”. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa menjadi meningkat mencapai 78,12% dengan kategori “Baik“. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Media Tangram, Aktivitas Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:38 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13258 |
Actions (login required)
View Item |