SUTRISNO (2018) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SABAK AUH KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018639PAI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018639PAI.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018639PAI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018639PAI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018639PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018639PAI.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018639PAI.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018639PAI.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018639PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018639PAI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018639PAI.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua, prestasi belajar serta pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa SMA N 1 Sabak Auh pada tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sampel sebesar 53 orang siswa. penelitiannya merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dilakukan dengan angket. Kemudian data yang terkumpul di analisa dengan teknik deskriptif kuantitatif persentase dilanjutkan dengan korelasi Poduct Moment. Dalam pengelolahan data tersebut penulis menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) bimbingan orang tua berada pada kategori “baik” dengan persentase sebesar 72,40%. 2) prestasi belajar siswa berada pada kategori “baik sekali” dengan persentase sebesar 82%. 3) Ada korelasi yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sabak Auh Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak. Berdasarkan perhitungan atau analisa diketahui tingkat korelasi antara kedua variabel adalah 0,421. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan orang tua terhadap anak akan mempengaruhi prestasi belajar siswa disekolah. Kata kunci: Pengaruh, Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:27 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13253 |
Actions (login required)
View Item |