Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN AGAM ( Studi Kasus di Kecamatan Lubung Basung )

AFIFAH ALRIANI (2018) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN AKTA KELAHIRAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN AGAM ( Studi Kasus di Kecamatan Lubung Basung ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertempat di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan pada akhir April sampai Maret 2018 yang di bimbing oleh ibu Mustiqowati UF,M.Si. Partisipasi masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten agam khususnya pada kecamtan lubuk basung merupakan salah satu objek penyelenggaraan administrasi kependudukan di negera Indonesia, pengurusan akta kelahiran sangat penting bagi setiap penduduk indonesia. Akta kelahiran memiliki peran penting sebagai bukti kepastian hukum atas identitas seseorang serta sebagai dasar bagi negara untuk pedoman menyususun anggaran dalam kebijkan Pemerintah (baik di tingkat Pusat ata Daerah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran dan untuk mengetahui apa saja aspek-aspek penentu dalam partisipasi masyarakat. Teknik analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir dekdutif dan dituangkan dalam bentuk teks. Pihak-pihak yang dijadikan informan penelitian ini adalah Pihak Aparatur Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, beberapa bidan dan aparatur yang terkait serta masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan Partisipasi masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran di Kecamatan Lubuk Basung bisa dikatakan masih rendah banyak dari masyarakat yang enggan untuk mengurus akta kelahiran. Dapat dilihat dari implementasi peraturan perundang- undangan pasal 7 Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Peraturan ini menunjukkan bahwasanya pada umumnya masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang akta kelahiran. masyarakat tidak menganggap pentingnya akta kelahiran. Masyarakat juga terkendalah pemenuhan syarat akta kelahiran. beberapa dari masyarakat menggunakan pihak ketiga dalam pengurusan akta kelahiran. Dan aspek-aspek penentu partisipasi masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran ini adalah aspek pendidikan, ekonomi dan politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 351 ??
Divisions: ?? ek_an ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 03 May 2019 02:45
Last Modified: 03 May 2019 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item