Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI SENTENCE JOURNAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

PUTRI BELLA (2018) PENERAPAN STRATEGI SENTENCE JOURNAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Pembelajaran Sentence Journal di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 78. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Sentence Journal dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Sentence Journal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 40% dengan kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,33% dengan kategori “Kurang”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,33% dengan kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Sentence Journal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sentence Journal, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 03:18
Last Modified: 02 May 2019 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item View Item