Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENCATATAN AKUNTANSI MUDHARABAH PADA KOPERASI SYARIAH ULUL ALBAB BERDASARKAN PSAK 105(Studi Kasus pada Koperasi Syariah Ulul Albab Kabupaten Kampar)

PUTRI ZAHARA (2018) ANALISIS PENCATATAN AKUNTANSI MUDHARABAH PADA KOPERASI SYARIAH ULUL ALBAB BERDASARKAN PSAK 105(Studi Kasus pada Koperasi Syariah Ulul Albab Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencatatan akuntansi mudharabah pada Koperasi Syariah Ulul Albab Kabupaten Kampar dan mengetahui kecesuaian pencatatan akuntansi mudharabah pada Koperasi Syariah Ulul Albab Kabupaten Kampar dengan PSAK 105. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipilih karena didalamnya peneliti mengidentifikasi tentang suatu fenomena tertentu, serta mengharuskan peneliti mengkaji subjek dengan terlibat langsung untuk mengembangkan pola dan relasi yang bermakna. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknk purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari key Informan yakni sektretaris koperasi dan informan tambahannya adalah ketua koperasi bendahara, anggota badan pengawas, dan bagian unit simpan pinjam. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diperoleh bahwa pencacatan akuntansi yang diterapkan Koperasi Pasar Syariah Ulul Albab mengenai pencacatan akuntansi pembiayaan mudharabah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 105, terdapat ketidaksesuaian dalam hal pengakuan investasi dan pengakuan penghasilan usaha mudharabah. Pengakuan investasi di Koperasi Pasar Syariah Ulul Albab belum sesuai karena pada saat penyerahan dana kepada anggota dicatat sebagai pembiayaan mudharabah dan dari pengakuan penghasilan usaha mudharabah pihak koperasi dibuat dengan rata-rata perkiraan pendapatan laba yang diperoleh setiap hari oleh anggota, seharusnya berdasarkan laporan bagi hasil atas realisasi penghasilan usaha dari pengelola dana. Sedangkan pencacatan akuntansi mengenai pengukuran akuntansi terhadap pembiayaan mudharabah yang diterapkan Koperasi Pasar Syariah Ulul Albab telah sesuai dengan PSAK No. 105, serta pencacatan akuntansi mengenai penyajian akuntansi terhadap pembiayaan mudharabah yang diterapkan Koperasi Pasar Syariah Ulul Albab telah sesuai dengan PSAK No.105. Kata Kunci: Mudharabah, PSAK 105, Koperasi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:27
Last Modified: 30 Apr 2019 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item