Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PROSEDUR,PENGHITUNGAN MARGIN DAN RESIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT (Studi Kasus Pada BMT Marwah Cabang di Pasar Indrapura Batang Batindih Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar)

SUSWITA SAFITRI (2018) ANALISIS PROSEDUR,PENGHITUNGAN MARGIN DAN RESIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT (Studi Kasus Pada BMT Marwah Cabang di Pasar Indrapura Batang Batindih Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eksistensi lembaga keuangan syariah khususnya sector perbankan menempati posisi yang strategis dalam menghubungkan antara pemilik dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Seperti lembaga keuangan syariah yang ruang lingkupnya mikro yaitu Baitul Mall wat Tamwil (BMT) Marwah yang merupakan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang berbentuk koperasi. Fungsi dari BMT sama seperti LKS pada umumnya, yaitu sebagai lembaga intermediasi untuk menghimpun dana, menyalurkan dana dan pelayanan jasa. Piutang murabahah merupakan salah satu produk dari kegiatan menyalurkan dana di BMT. Penentuan harga jual dan tingkat margin yang jelas pada akad murabahah merupakan hal penting karena untuk menghindari adanya riba dan ketidak adilan. Oleh karena itu, BMT harus berhati-hati dalam memilih metode perhitungan margin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana prosedur, penerapan margin dan resiko pembiayaan murabahah di BMT Marwah. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pihak manajemen BMT Marwah yang terkait dengan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data disajikan kemudian dianalisa sesuai dengan sifat penelitian ini, yaitu Deskriptif Kualitatif. Dari hasil analisis data tersebut dapat diketahui bahwa pada praktiknya, pembiayaan murabahah di BMT Marwah sudah memenuhi ketentuan fatwa DSN-MUI. Dalam hal resiko BMT Marwah hanya memiliki sedikit resiko yaitu dari segi pembayaran, dimana nasabah tidak membayar tepat waktu pada saat jatuh tempo namun meskipun demikian tetap dapat teratasi. Kata kunci : Prosedur, Penerapan Margin dan Resiko Pembiayaan Murabahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:13
Last Modified: 30 Apr 2019 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item