Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN(DPA)DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP TINGKAT PENYERAPAN ANGGARAN(Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Kampar)

ANISA PUTRI PRATIWI (2018) PENGARUH KUALITAS DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN(DPA)DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP TINGKAT PENYERAPAN ANGGARAN(Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas DPA dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah terhadap Tingkat Penyerapan Angggaran. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah OPD di Kabupaten Kampar yang berjumlah 25 OPD. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) berpengaruh positif terhadap tingkat penyerapan anggaran dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) berpengaruh positif terhadap tingkat penyerapan anggaran di Kabupaten Kampar. Pengujian hipotesis menggunakan uji F untuk menguji pengaruh simultan dan uji t untuk menguji koefisien secara parsial dengan tingkat signifikan 5%. Selain itu digunakan uji normalitas data, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan kualitas dokumen pelaksanaan anggaran dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh tingkat penyerapan anggaran sebesar 63,5% sedangkan sisanya sebesar 36,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Secara parsial kualitas dokumen pelaksanaan anggaran dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif terhadap tingkat penyerapan anggaran. Kata kunci : tingkat penyerapan anggaran, kualitas dokumen pelaksanaan anggaran, dan sistem pengendalian internal pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 657 ??
Divisions: ?? ek_ak ??
Depositing User: Users 14154 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 06:53
Last Modified: 30 Apr 2019 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item