Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs AL-MUHAJIRIN DESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG

Roby Ases Padri (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs AL-MUHAJIRIN DESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011765.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan himpunan siswa kelas VII MTs Al- Muhajirin Desa Kualu Nenas Kec. Tambang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah pada pokok pembahasan himpunan di MTs Al-Muhajirin Desa kualu Nenas Kec. Tambang? Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Desa Kualu Nenas Kec. Tambang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 23 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi aktifitas guru, siswa, dan kelompok. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di tempuh dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 70% peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Al-Muhajirin Desa Kualu Nenas Kec. Tambang pokok bahasan himpunan sudah mencapai sekurang-kurangnya 65. Pada siklus I 60,86% persentase ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Pada siklus II 73,91% persentase ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Pada siklus II kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII MTs Al- Muhajirin Desa Kualu Nenas Kec. Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:19
Last Modified: 18 Jan 2016 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item