RATNA SARI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018413PMT.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018413PMT.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018413PMT.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018413PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018413PMT.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018413PMT.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018413PMT.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018413PMT.pdf Download (794kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018413PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018413PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018413PMT.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling, terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa, dan lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk menentukan “ada atau tidak adanya” kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik angket dan teknik observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk mengetahui kemampuan pemahaman kosep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru dan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran dengan model Quantum Teaching dengan siswa berminat belajar tinggi, sedang dan rendah yang belajar mengikuti pembelajaran yang diterapkan guru. Kata kunci: Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 03:27 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12844 |
Actions (login required)
View Item |