Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA PEKANBARU

AMAL MULYASARI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (variabel bebas/variabel X) dan Akhlak Siswa (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga April tahun 2018 bertempat di Sekolah Menentah Atas Cendana Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII yang berjumlah 276 siswa. Peneliti hanya menarik sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu 69 orang yang diambil dengan teknik propotionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi koefisien Kontingensi. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yakni “ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan data yang menunjukkan nilai Φ = 0,4 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,232 sedangkan pada taraf signifikan 1% = 0,302. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa 0,232 < 0,4 > 0,302. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang atau cukup yakni berada pada rentang interval 0,40-0,599. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi, maka kontribusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa adalah sebesar 16%. Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? sma ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:18
Last Modified: 24 Apr 2019 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item