ERNI WULANDARI (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COOPERATING AND TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018382PMT.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018382PMT.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018382PMT.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018382PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018382PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018382PMT.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018382PMT.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018382PMT.pdf Download (809kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018382PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018382PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018382PMT.pdf Download (464kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan komponen kemampuan pembelajaran yang harus dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan mengembangkan modul untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanan modul matematika berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis REACT. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket validitas, angket praktikalitas, dan tes kemampuan komunikasi. Data yang diperoleh dari angket validitas dan angket praktikalitas dianalisis secara deskriptif. Modul hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan ahli materi 89,25% (sangat valid) ahli teknologi 90,58% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan 95,05% (sangat praktis). Data yang diperoleh uji efektifitas dari tes kemampuan komunikasi dianalisis secara statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t dengan nilai thitung sebesar 3,19 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 maka thitung > ttabel atau 3,19 > 2,01, sehingga ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komuniksi matematis antara siswa kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak memakai modul. Hal ini membuktikan modul dengan model REACT yang valid, praktis, dan efektif telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa Kata Kunci : Modul Berbasis Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring (REACT), Kemampuan Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 06:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 06:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12811 |
Actions (login required)
View Item |