EKA RIYANTI (2018) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN BOLA PANAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 014 DESA TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018380PGMI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018380PGMI.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018380PGMI.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018380PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018380PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018380PGMI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018380PGMI.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018380PGMI.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018380PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018380PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018380PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi permainan bola panas di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 dan siswa 28. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi permainan bola panas dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskripstif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi permainan bola panas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 59,28%, dengan ketuntasan klasikal 46,42% tergolong “Kurang”, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69,64 % dengan ketuntasan klasikal 71,42%, tergolong “Baik” . Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 79,28% dengan ketuntasan klasikal adalah 89,28 % tergolong “Amat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan bola panas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata kunci : Strategi Permainan Bola Panas, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 05:12 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 05:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12809 |
Actions (login required)
View Item |