YULI EMAN ZAHARA (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIRAAH DENGAN PERMAINAN SOBEKAN CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSAN BULUH RAMPAI INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018281PBA.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018281PBA.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018281PBA.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018281PBA.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018281PBA.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018281PBA.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018281PBA.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018281PBA.pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018281PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018281PBA.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018281PBA.pdf Download (531kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu, dan objek penelitian ini adalah penggunaan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Rumus yang digunakan adalah: Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa antara kelas yang menggunakan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita dengan yang tanpa menggunakan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita. Karena nilai = 4.54 lebih besar dari pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan metode qiraah dengan permainan sobekan cerita efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Buluh Rampai Indragiri Hulu. Kata Kunci : Metode Membaca, Permainan Sobekan Cerita, Kemampuan Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 02:51 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12631 |
Actions (login required)
View Item |