ALRAMA PENTA RANTIA (2018) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018233PAI).pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018233PAI).pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018233PAI).pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018233PAI).pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018233PAI).pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018233PAI).pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018233PAI).pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018233PAI).pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018233PAI).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018233PAI).pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018233PAI).pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu aktivitas belajar sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh Aktivitas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru yang berjumlah 78 orang. Mengingat jumlah populasi yang sedikit maka dalam penelitian ini, peneliti tidak mengadakan penarikan sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, Angket dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa Aktivitas Belajar berada pada kategori “Baik” dengan skor 73,14. Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 84,74. Dan terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,834 lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikan 5% (0,222) maupun taraf signifikan 1% (0,290). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,222<0,834>0,290. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 04:02 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 04:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12511 |
Actions (login required)
View Item |