DEBY SARAH (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018174PMT.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018174PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018174PMT.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018174PMT.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018174PMT.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018174PMT.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018174PMT.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018174PMT.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018174PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018174PMT.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018174PMT.pdf Download (433kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul yang mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa untuk kelompok kecil dari kelas X MIPA 2 dan 34 siswa untuk kelompok terbatas dari kelas X MIPA 1. Objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan konstruktivisme. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (82%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (83%) dan penilaian dari siswa kelompok terbatas (82%), sedangkan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan modul berbasis pendekatan konstruktivisme termasuk kategori sangat baik (89, 2). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul berbasis pendekatan konstruktivisme yang dikembangkan telah valid, praktis dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Konstruktivisme, Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 07:16 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 07:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12447 |
Actions (login required)
View Item |