ZARINA (2018) PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARA SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH YLPI LUBUK BENDAHARA KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER-2018144PAI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN-2018144PAI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK-2018144PAI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN-2018144PAI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI-2018144PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I-2018144PAI.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II-2018144PAI.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III-2018144PAI.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV-2018144PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V-2018144PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018144PAI.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh pemberian motivasi oleh guru (variabel bebas/independen atau variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian motivasi oleh guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh pemberian motivasi oleh guru dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kabupaten Rokan Hulu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 148 siswa, sedangkan sampel sebanyak 59 siswa, teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa pemberian motivasi oleh guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kabupaten Rokan Hulu berada pada kategori “kuat” dengan persentase 74,18% melalui rekapitulasi hasil angket dan prestasi belajar siswa berada pada kategori “sangat kuat” dengan persentase 83,28% melalui rekapitulasi hasil rata-rata ulangan harian. Sedangkan hasil analisi statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh dari rhitung 0,920 lebih besar dari rttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,250 dan pada taraf 1% sebesar 0,325. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan pemberian motivasi oleh guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci: Pengaruh, Pemberian Motivasi Oleh Guru, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 04:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12409 |
Actions (login required)
View Item |