MAWADDAH VENNITA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1 COVER_2018116PMT.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018116PMT.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018116PMT.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018116PMT.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018116PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018116PMT.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018116PMT.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018116PMT.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018116PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018116PMT.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018116PMT.pdf Download (357kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa SMP Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 dan VIII 3 SMP Negeri 4 Kampar dan objek penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Bertukar Pasangan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Awal. Penulis menggunakan tes “t” untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal tinggi. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal sedang. 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum pembelajaran Bertukar Pasangan berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 4 Kampar. Kata kunci: Bertukar Pasangan, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 04:40 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12378 |
Actions (login required)
View Item |