NUR SYUHADA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018112PMT.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018112PMT.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018112PMT.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018112PMT.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018112PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018112PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018112PMT.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018112PMT.pdf Download (806kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018112PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018112PMT.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018112PMT.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan belum dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe group investiation di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep siswa yan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas VII-B dan VII-D. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar dan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-T dan ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan siswa yang belaja rmenggunakan pembelajaran konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemandirian belajar, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang ditinjau berdasarkan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Secara umum, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang ditinjau berdasarkan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 04:12 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12374 |
Actions (login required)
View Item |