SURTINI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018106PK.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018106PK.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018106PK.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018106PK.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018106PK.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018106PK.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018106PK.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018106PK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018106PK.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018106PK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018106PK.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran sehingga masih rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk data awal, dokumentasi, pretest dan postest untuk data akhir. Analisis data akhir pada penelitian menggunakan uji ttest. Hasil perhitungan analisis data akhir diperoleh nilai thitung = 2,94 dengan menggunakan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Kata kunci: Problem Based Learning, Ikatan Kimia, Quipper School, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 01:14 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 01:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12365 |
Actions (login required)
View Item |